Buruknya Prestasi Bola di Indonesia,Mungkingkah Akan Mendapat Sanksi Dari FIFA.?


JAKARTA (Pos Kota) – Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) mengingatkan pemerintah Indonesia kemungkinan bakal kena sanksi. Bila sanksi tersebut benar-benar terjadi akan berdampak besar terhadap posisi sepakbola Indonesia di dunia internasional.
Warning atau peringatan FIFA tersebut tergambar dalam surat FIFA tertanggal 26 November 2012 yang ditandatangani Sekjen FIFA, Jerome Valcke. Dalam surat bernomor SG/tre/pco tersebut dijelaskan situasi Asosiasi Sepakbola Indonesia (PSSI) yang yang sudah dimonitor FIFA dan AFC dalam setahun terakhir.
Seperti diketahui, sepakbola Indonesia mengalami kondisi terburuk setelah adanya dualisme kompetisi, yakni Indonesian Premier League (IPL) yang dikelola PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), serta Liga Super Indonesia (LSI) yang dikelola PT Liga Indonesia (PT LI).
IPL merupakan kompetisi resmi di bawah PSSI. Sedangkan LSI yang dulu merupakan kompetisi resmi, tak mau mengikuti keputusan pengurus PSSI yang dipimpin Djohar Arifin Husin, dan memutuskan menggelar kompetisi sendiri di bawah pengelolaan PT Liga Indonesia.
Karena itu, FIFA mengingatkan pemerintah Indonesia bakal adanya sanksi terhadap sepakbola nasional jika tidak bisa mengatasi situasi yang ada saat ini. Dalam surat itu sangat tegas menyebutkan, PSSI merupakan satu-satunya organisasi yang mengelola dan mengawasi sepakbola Indonesia, seperti tertuang dalam artikel 10 dan 13 Statuta FIFA.
Dengan demikian, surat FIFA tersebut menyiratkan adanya campur tangan pemerintah mengenai dualisme kompetisi di Indonesia. Selama ini, pemerintah (Menpora) seperti tidak membuat keputusan apa-apa kecuali membuat pernyataan-pernyataan retorika.
Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Bob Hippy yang dihubungi lewat selulernya, Selasa (4/12) sore, mengungkapkan, pemerintah harus berhati-hati dengan surat FIFA tersebut. “Dari dulu saya sudah ingatkan agar pemerintah tidak memberi izin pertandingan LSI yang tidak memiliki rekomendasi dari PSSI,” kata Bob.
Sekaranglah waktu yang tepat agar pemerintah bertindak dengan tidak memberi izin pertandingan kepada LSI, kecuali ada rekomendasi dari PSSI. “Pemerintah melalui Menpora harusnya memerintahkan Polri untuk tidak memberi izin pertadingan kepada LSI,” kata Bob.
Jika tidak bisa mengatasi masalah tersebut hingga batas akhir 10 Desember mendatang, FIFA akan menjatuhkan sanksi terhadap Indonesia dalam Sidang Komite Eksekutif FIFA pada 14 Desember nanti.(ian)

Kembali Ke Awal

ads

Ditulis Oleh : Den Triway Hari: 10:12 PM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment

Alangkah tidak berkesannya jika anda sudah mampir tetapi tidak meninggalkan komentar atau ucapan apa-apa.

 

Teman Blog

Profil

My photo

Mari berlari dengan kekuatan kaki,
Mari bernyanyi dengan kekuatan Hati.

Jualan Online