Masyarakat Masih Susah Memiliki Rumah Sendiri, Daya Beli Properti Masyakarat Berkisar Rp 250 Juta

TEMPO.CO, Jakarta -Riset sentimen pasar yang digelar situs properti Rumah123.com mencatat rata-rata daya beli properti berkisar Rp 250 juta. Sales Manager Rumah123.com Meddy H. Papinka mengatakan 23 persen responden survei tersebut siap dengan dana Rp 250 juta untuk membeli properti.
"Dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif stabil 6-6,5 persen dan suku bunga yang stabil kami percaya masyarakat punya peningkatan daya beli. Tetapi tentunya tidak drastis," kata Meddy ketika ditemui di Jakarta, Selasa, 11 Juni 2013.

Namun, Meddy belum mau mengungkapkan berapa besar kenaikan daya beli masyarakat terhadap properti. Meddy mengatakan saat ini pihaknya kembali menggelar survei sentimen masyarakat. "Nanti datanya kami rilis setelah riset selesai, sekitar 2 bulan lagi," kata Meddy.
Namun Meddy mengakui jumlah masyarakat yang tidak dapat memiliki properti rumah masih cukup banyak. Hal ini disebabkan terus meningkatnya harga tanah dan rumah di Indonesia.
Pada 2012, Rumah123.com mencatat harga properti meningkat sebesar 30 persen. Pada 2013 hingga 2014 diperkirakan harga perumahan kembali naik sekitar 15 persen hingga 20 persen.
"Harga tanah dan rumah naik terus sementara kemampuan mereka untuk membeli satu unit rumah pun tidak terkejar. Masyarakat kita yang masih dominan memang masyarakat menengah ke bawah,"

ads

Ditulis Oleh : Den Triway Hari: 3:33 PM Kategori:

1 komentar:

  1. makin beratnya beban ekonomi sehingga daya beli utk rumah sangatlah minim

    ReplyDelete

Alangkah tidak berkesannya jika anda sudah mampir tetapi tidak meninggalkan komentar atau ucapan apa-apa.

 

Teman Blog

Profil

My photo

Mari berlari dengan kekuatan kaki,
Mari bernyanyi dengan kekuatan Hati.

Jualan Online