Tidak hanya China, Indonesia ternyata juga jago buat barang palsu

Merdeka.com - Keberadaan barang palsu atau KW sangat menguntungkan bagi sebagian konsumen. Mereka bisa memperoleh produk merek terkenal meski dengan kualitas bawahan. Banyaknya permintaan menjadi salah satu faktor maraknya barang palsu di pasaran Indonesia.
Barang palsu yang beredar di pasaran Indonesia mulai dari tas, baju hingga elektronik. Negara asing pun jadi tergiur membuat barang palsu dan menjualnya di Indonesia, salah satunya adalah China.
Selain China, negara mana lagi yang rajin memasok barang palsu ke Indonesia?
Ketua Harian Yayasan Perlindungan Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo mengatakan bukan cuma negara luar yang produksi barang KW. Indonesia pun, kata dia, ikut produksi barang-barang KW seperti peralatan rumah tangga.
"Produk lokal juga banyak yang KW. Karena mereka enggak pede dengan produksi mereka juga. Sehingga dia nebeng di brand tertentu," ujar dia kepada merdeka.com di Jakarta beberapa waktu lalu.
Dia mengakui China paling banyak memasok barang-barang KW ke Indonesia. Namun anehnya, barang-barang KW asal China memiliki lisensi dari Eropa sehingga barang-barang China bisa disebut KW super.
"Hanya China sebagian besar yang pasok barang KW. Tetapi, Vietnam dan Thailand juga banyak yang masok barangnya ke sini," kata dia.
Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan, Widodo mengatakan hingga saat ini belum ada data pasti terkait negara yang memasok barang-barang KW ke Indonesia. Pasalnya, belum ada laporan dari produsen terkait peredaran barang kw tersebut.
"Kita belum bisa memastikan negara mana yang memasok barang-barang kw itu negara mana saja karena belum ada laporan," tutupnya.

ads

Ditulis Oleh : Den Triway Hari: 9:51 PM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment

Alangkah tidak berkesannya jika anda sudah mampir tetapi tidak meninggalkan komentar atau ucapan apa-apa.

 

Teman Blog

Profil

My photo

Mari berlari dengan kekuatan kaki,
Mari bernyanyi dengan kekuatan Hati.

Jualan Online