Jeritan Rahma yang Tak Bisa Cairkan Uang JHT BPJS

Jakarta - Rahma (27) tertunduk lesu setelah keluar dari kantor BPJS Ketenagakerjaan di Jl Letjen Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur. Warga Cijantung itu tidak bisa mencairkan dananya. 

Rahma lalu menceritakan pada suaminya yang sudah menunggunya di lantai bawah. Suami Rahma hanya bisa menggerutu atas hal itu.

"Jadi gimana, nggak bisa diambil kan? Wah kacaulah, kacau," gerutu suami Rahma. 

Rahma menyatakan sudah 5 tahun menjadi anggota Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan. Setelah berhenti kerja dia bermaksud mengambil dana JHT itu. 

"Uangnya mau saya jadikan modal usaha," kata Rahma.

Petugas BPJS kepada Rahma menjelaskan, Rahma baru bisa mengambil JHT-nya setelah dia menjadi peserta JHT BPJS selama 10 tahun, itu pun maksimal 30 persen. Setelah peserta memasuki umur 56 tahun, dana JHT baru dibayarkan sepenuhnya.  Aturan baru ini berlaku pada 1 Juli 2015. Peraturan sebelumnya dana JHT bisa dicairkan jika berhenti bekerja dengan masa kepesertaan telah mencapai sekurang-kurangnya 5 tahun dengan masa tunggu 1 bulan terhitung sejak saat tenaga kerja berhenti bekerja.

Rahma tidak setuju dengan kebijakan baru pemerintah itu karena sangat merugikan.

"Usia produktif kita nggak sampai 56 tahun. Saya usia segitu sudah di rumah. Masalahnya ini hak kita. Kita bukan ngemis-ngemis sama pemerintah. Tiap bulan gaji kita dipotong. Kalau orang kaya masa bodo kali ya. Kalau kita orang susah. Ini kan beda lagi sama uang pensiun," katanya.

Aturan baru pencairan JHT ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 46 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan JHT yang berlaku 1 Juli 2015. 

Sumber : http://news.detik.com/berita/2958659/jeritan-rahma-yang-tak-bisa-cairkan-uang-jht-bpjs

ads

Ditulis Oleh : Den Triway Hari: 2:57 AM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment

Alangkah tidak berkesannya jika anda sudah mampir tetapi tidak meninggalkan komentar atau ucapan apa-apa.

 

Teman Blog

Profil

My photo

Mari berlari dengan kekuatan kaki,
Mari bernyanyi dengan kekuatan Hati.

Jualan Online